Minggu, 04 Maret 2012

Apakah anda Seorang Pemimpin???

 Menjadi pemimpin dalam sebuah perusahaan tentulah bukan perkara yang mudah, memegang tugas besar akan tanggung jawab seorang pimpinan terhadap bawahan dan tidak semua orang bisa menjadi pimpinan, segala sesuatu yang dilakukan pimpinan selalu jadi panutan bawahan. Tidak sedikit pimpinan yang gagal dalam menjalankan tugasnya. Bahkan ada pula pimpinan yang tidak disenangi oleh bawahannya karena memiliki kebijakan yang salah. Oleh karena itu penting bagi seorang pemimpin mengetahui tips menjadi pemimpin yang baik.

Untuk jadi pemimpin yang baik :
1. Jujur.
Seorang pemimpin yang baik menunjukkan ketulusan, integritas, dan keterbukaan dalam setiap tindakannya.

2. Kompeten.
Tindakan seorang pemimpin haruslah berdasar pada penalaran dan prinsip moral, bukannya menggunakan emosi kanak-kanak dalam mengambil suatu keputusan.

3. Berpandangan ke depan dan menetapkan tujuan.
Dalam menetapkan tujuan, seorang pemimpin perlu menanamkan pemikiran bahwa tujuan itu adalah milik seluruh organisasi. Ia mengetahui apa yang diinginkannya dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Biasanya ia menetapkan prioritas berdasarkan nilai dasarnya. Memberi inspirasi. Dalam mengerjakan setiap tugas, seorang pemimpin harus menunjukkan rasa percaya diri, ketahanan mental, fisik, dan spiritual. Dengan begitu, bawahan akan terdorong untuk mencapai yang lebih baik lagi.

4. Cerdas.
Seorang pemimpin yang efektif harus memiliki kemauan untuk terus membaca, belajar, dan mencari tugas-tugas yang menantang kemampuannya.

5. Berpikiran adil.
 Prasangka adalah musuh dari keadilan. Seorang pemimpin yang baik akan memperlakukan semua orang dengan adil. Ia menunjukkan empatinya dengan bersikap peka terhadap perasaan, nilai, minat, dan keberadaan orang lain.

6. Berpikiran luas.
 Pemimpin yang baik menyadari setiap perbedaan yang ada dalam ruang lingkup kepemimpinannya dan mau menerima segala perbedaan itu.

7. Berani.
Seorang pemimpin yang baik selalu bertekun dalam usahanya mencapai tujuan, bukannya terus-terusan berusaha mengatasi berbagai halangan yang memang sulit untuk diatasi. Biasanya, meskipun sedang berada di bawah tekanan, ia tetap tenang dan menunjukkan rasa percaya diri.

8. Tegas.
Anda tidak dapat menjadi seorang pemimpin yang baik bila tidak tegas dalam mengambil keputusan tepat di saat yang tepat.

9. Imajinatif.
Inovasi dan kreativitas diperlukan dalam suatu kepemimpinan. Seorang pemimpin haruslah membuat perubahan tepat di saat yang tepat dalam pemikiran, rencana, dan metodenya. Selain itu, kreativitas sang pemimpin juga terlihat dengan memikirkan tujuan dan gagasan baru yang lebih baik, dan menemukan solusi baru dalam memecahkan masalah.

10. Berwibawa dan Tegas.
Bersikap wibawa merupakan cerminan akan kharakter dan pribadi seorang pimpinan yang lugas dan tegas. Jika pimpinan kita tidak berwibawa maka akan berdampak buruk bagi perusahaannya. Contohnya jika pimpinan tidak berwibawa dan tegas, maka bawahan akan tidak menghargai pimpinan dan tidak menghomati segala bentuk peraturan - peaturan dari pimpinan

11. Fokus.
Menjadi seorang pemimpin tentunya harus bersikap fokus akan tanggung jawab terhadap pekerjaan, berkontribusi dalam memberikan arah tujuan perusahaan yang baik, dan lebih mementingkan prioritas utama dengan prioritas pribadi. Hal ini sangat mempengaruhi kerja tim. Bertindak cepat dalam segala hal, baik dalam kondisi yang mendesak maupun kondisi cepat, seorang pemimpin dituntut harus bisa mengambil keputusan tepat dan cepat.

12. Haru memiliki Visi dan Misi.
Seorang Pemimpin yang baik harus memiliki visi dan misi yang baik, karena pimpinan yang baik harus menyampaikan tujuan visi dan misinya, agar bawahannya memiliki motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pimpinan bisa memberikan bimbingan untuk mengerakkaan timnya menuju tujuan yang telah ditentukan.

13. Rendah Hati.
Ada kalanya seorang pimpinan mampu mendengarkan bawahannya. Agar pimpinan tidak memutuskan segala hal secara sepihak yang memungkinkan para anggota sebenarnya tidak sepaham dengan keputusan pimpinan. Dan yang terakhir berikan pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota tim Anda. Tunjukan  bahwa Anda menghargai kerja keras mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar