Menjadi pemimpin
dalam sebuah perusahaan tentulah bukan perkara yang mudah, memegang
tugas besar akan tanggung jawab seorang pimpinan terhadap bawahan dan
tidak semua orang bisa menjadi pimpinan, segala sesuatu yang dilakukan pimpinan
selalu jadi panutan bawahan. Tidak sedikit pimpinan yang gagal dalam
menjalankan tugasnya. Bahkan ada pula pimpinan yang tidak disenangi oleh
bawahannya karena memiliki kebijakan yang salah. Oleh karena itu
penting bagi seorang pemimpin mengetahui tips menjadi pemimpin yang
baik.
Untuk jadi pemimpin yang baik :
1. Jujur.
Seorang pemimpin yang baik menunjukkan ketulusan, integritas, dan keterbukaan dalam setiap tindakannya.
2. Kompeten.
Tindakan seorang pemimpin haruslah berdasar pada
penalaran dan prinsip moral, bukannya menggunakan emosi kanak-kanak
dalam mengambil suatu keputusan.
3. Berpandangan ke depan dan menetapkan tujuan.
Dalam menetapkan
tujuan, seorang pemimpin perlu menanamkan pemikiran bahwa tujuan itu
adalah milik seluruh organisasi. Ia mengetahui apa yang diinginkannya
dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Biasanya ia menetapkan
prioritas berdasarkan nilai dasarnya. Memberi inspirasi. Dalam
mengerjakan setiap tugas, seorang pemimpin harus menunjukkan rasa
percaya diri, ketahanan mental, fisik, dan spiritual. Dengan begitu,
bawahan akan terdorong untuk mencapai yang lebih baik lagi.
4. Cerdas.
Seorang pemimpin yang efektif harus memiliki kemauan untuk
terus membaca, belajar, dan mencari tugas-tugas yang menantang
kemampuannya.
5. Berpikiran adil.
Prasangka adalah musuh dari keadilan. Seorang
pemimpin yang baik akan memperlakukan semua orang dengan adil. Ia
menunjukkan empatinya dengan bersikap peka terhadap perasaan, nilai,
minat, dan keberadaan orang lain.
6. Berpikiran luas.
Pemimpin yang baik menyadari setiap perbedaan
yang ada dalam ruang lingkup kepemimpinannya dan mau menerima segala
perbedaan itu.
7. Berani.
Seorang pemimpin yang baik selalu bertekun dalam usahanya
mencapai tujuan, bukannya terus-terusan berusaha mengatasi berbagai
halangan yang memang sulit untuk diatasi. Biasanya, meskipun sedang
berada di bawah tekanan, ia tetap tenang dan menunjukkan rasa percaya
diri.
8. Tegas.
Anda tidak dapat menjadi seorang pemimpin yang baik bila
tidak tegas dalam mengambil keputusan tepat di saat yang tepat.
9. Imajinatif.
Inovasi dan kreativitas diperlukan dalam suatu
kepemimpinan. Seorang pemimpin haruslah membuat perubahan tepat di saat
yang tepat dalam pemikiran, rencana, dan metodenya. Selain itu,
kreativitas sang pemimpin juga terlihat dengan memikirkan tujuan dan
gagasan baru yang lebih baik, dan menemukan solusi baru dalam memecahkan
masalah.
10. Berwibawa dan Tegas.
Bersikap wibawa merupakan cerminan akan kharakter dan pribadi seorang pimpinan yang lugas dan tegas. Jika pimpinan
kita tidak berwibawa maka akan berdampak buruk bagi perusahaannya.
Contohnya jika pimpinan tidak berwibawa dan tegas, maka bawahan akan
tidak menghargai pimpinan dan tidak menghomati segala bentuk peraturan -
peaturan dari pimpinan
11. Fokus.
Menjadi seorang pemimpin tentunya harus bersikap fokus akan tanggung jawab terhadap pekerjaan,
berkontribusi dalam memberikan arah tujuan perusahaan yang baik, dan
lebih mementingkan prioritas utama dengan prioritas pribadi. Hal ini
sangat mempengaruhi kerja tim. Bertindak cepat dalam segala hal, baik
dalam kondisi yang mendesak maupun kondisi cepat, seorang pemimpin
dituntut harus bisa mengambil keputusan tepat dan cepat.
12. Haru memiliki Visi dan Misi.
Seorang Pemimpin yang baik harus memiliki visi dan misi yang baik, karena pimpinan
yang baik harus menyampaikan tujuan visi dan misinya, agar bawahannya
memiliki motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pimpinan
bisa memberikan bimbingan untuk mengerakkaan timnya menuju tujuan yang
telah ditentukan.
13. Rendah Hati.
Ada kalanya seorang
pimpinan mampu mendengarkan bawahannya. Agar pimpinan tidak memutuskan
segala hal secara sepihak yang memungkinkan para anggota sebenarnya
tidak sepaham dengan keputusan pimpinan. Dan yang terakhir berikan
pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota tim Anda.
Tunjukan bahwa Anda menghargai kerja keras mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar